CUACA
sering tidak bisa ditebak. Bila Anda terjebak di dalamnya saat liburan, apakah
asuransi perjalanan solusinya?
Mungkin
tidak. Kejadian tidak terduga biasanya ditanggung, tetapi kejadian yang bisa
diramalkan (atau mendatang) biasanya tidak. Badai tropis yang terlacak adalah
peristiwa yang bisa diramalkan. Jadi, jika Anda membatalkan perjalanan ke
sebuah negara karena khawatir badai bisa menjadi lebih hebat, klaim Anda tidak
akan diganti.
Umumnya,
alasan sebuah klaim ditanggung oleh asuransi perjalanan, di antaranya kematian
atau penyakit (Anda atau anggota keluarga dekat, asalkan memiliki catatan
dokter atau surat kematian), PHK di tempat kerja, insiden teroris di kota Anda
atau kota/negara tujuan, kerusakan akibat badai yang membuat kota/negara tujuan
porak poranda, dan kebangkrutan penyedia perjalanan.
Kondisi
medis yang sudah ada menjadi tanggungan jika Anda membeli asuransi perjalanan
dalam waktu satu hingga dua pekan dari rencana perjalanan. Setelah itu, mereka
akan mengganggapnya sebagai penyakit yang diramalkan, dan dikecualikan dari
tanggungan asuransi perjalanan.
Anda akan
menerima pengembalian (reimburse) hanya untuk biaya yang dikembalikan. Jika
maskapai memesankan kembali tiket untuk Anda tanpa biaya atau operator kapal
pesiar memberikan Anda sebuah voucher lantaran pembatalan perjalanan, Anda
tidak akan menerima penggantian. Lebih baik simpan tanda terima Anda dan
dokumentasi apapun untuk alasan pembatalan, Anda akan memerlukannya sebagai
cadangan ketika nanti membuat klaim.
Alasan
untuk membeli asuransi perjalanan
Jika Anda
memahami apa yang bisa dan tidak tercakup dalam asuransi perjalanan, Anda dapat
memastikan biaya yang akan dikembalikan sehingga Anda mampu untuk menjadwal
ulang. Anda dapat membandingkan puluhan kebijakan perusahan asuransi perjalanan
lewat situs resmi mereka.
Paket
kebijakan asuransi perjalanan, termasuk cakupan pembatalan dan penundaannya,
interupsi (jika Anda sakit selama perjalanan dan harus kembali ke rumah
tiba-tiba), biaya medis, dan hilang atau tertunda bagasi. Kebijakannya termasuk
layanan telepon 24 jam untuk membantu Anda menemukan fasilitas medis atau
mengatur ulang rencana perjalanan. Asuransi perjalanan sendiri biasanya butuh
4-8 persen dari biaya perjalanan, seperti dilansir Kiplinger, Minggu (1/9/2013).
Bahkan,
jika Anda berpikir pembatalan perjalanan adalah hal mustahil, mengasuransikan
diri Anda untuk masalah kesehatan adalah ide yang baik, terutama jika Anda
bepergian ke luar negeri. Cari tahu juga bagaimana kebijakan perusahaan
asuransi perjalanan terhadap klaim di negara tujuan Anda.
Paket
kebijakan asuransi perjalanan, termasuk cakupan medis dan evakuasi medis. Anda
juga dapat membeli asuransi perjalanan medis secara terpisah. Biaya ini
didasarkan pada usia, kondisi kesehatan, dan panjangnya perjalanan Anda.
Carilah kebijakan yang menawarkan cakupan primer, jika tidak, perusahaan
asuransi tidak akan mengurusnya sampai rencana kesehatan Anda telah memproses
klaim.
Waspadai
penawaran yang dibuat maskapai penerbangan dan perusahaan pelayaran. Kebijakan
maskapai penerbangan biasanya menawarkan cakupan kurang untuk harga yang sama
sebagai rencana paket pihak ketiga, dan asuransi pelayaran mungkin menawarkan
voucher untuk perjalanan masa depan, bukannya penggantian. Juga, kebijakan
mereka tidak mencakup standar keuangan mereka sendiri, jadi jika mereka sedang
rugi, Anda beruntung. Kebijakan yang ditawarkan oleh situs perjalanan juga
kurang lengkap. (travel.okezone.com)
No comments:
Post a Comment