Thursday, December 12, 2013

Sebatang Pohon Kurma Menangis kepada Rasulullah


Di antara mukjizat Nabi Muhamad Saw yang berkaitan dengan benda mati adalah berupa tangisan sebatang pohon kurma yang merindukan beliau.
Jabir r.a. meriwayatkan, “Ketika hari Jum’at tiba, Rasulullah selalu berdiri (berkhutbah) di samping sebuah pohon  kurma. Lalu ada seorang dari golongan Anshar berkata, ‘Wahai Rasulullah, maukah kami buatkan mimbar untukmu?’ Beliau menjawab, ‘Silakan, jika kalian berkehendak.’ Setelah itu, para shahabat membuatkan sebuah mimbar untuk beliau. Tatkala tiba hari Jum’at berikutnya, beliau diminta berdiri di mimbar, tiba-tiba pohon kurma yang berada di samping beliau menjerit laiknya bayi yang sedang menangis. Kemudian beliau turun dari mimbar dan memeluknya. Lantas pohon kurma itu merintih seperti rintihan bayi yang ditenangkan. Beliau berkata, ‘Pohon ini menangis karena mendengar nasihat yang biasa aku sampaikan di sampingnya’.”[1]
Hadits ini juga diriwayatkan oleh Thufail bin Ubay bin Ka'ab dari ayahnya, Ubay bin Ka’ab. “Bahwa Rasulullah melaksanakan shalat menghadap pada sebuah batang pohon kurma ketika masjid telah mempunyai atap. Dan beliau biasa berkhutbah di sisi batang kurma tersebut. Sebab itu, seorang sahabatnya berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah perlu dibuatkan suatu tempat untuk engkau berdiri saat khutbah hari Jum'at, sehingga orang-orang dapat melihatmu dan mendengarkan khutbahmu?’ Rasulullah menjawab,  Ya.’ Lalu dibuatkanlah dengan tiga tangga menuju mimbar. Setelah selesai dibuat lantas diletakkanlah mimbar itu di tempat yang disetujui oleh Rasulullah.
Kemudian beliau pun berkeinginan untuk naik ke atasnya. Namun ketika beliau hendak naik mimbar dan melewati batang pohon kurma itu, dia (batang kurma) menangis sehingga terbelah dan pecah. Ketika Rasulullah mendengar suara jeritan batang kurma itu beliau turun dari mimbar dan mengusapnya dengan tangan lalu kembali lagi ke atas mimbar. Dan jika shalat beliau selalu condong ke arah batang kurma tersebut. Ketika masjid dihancurkan dan direnovasi, batang kurma itu diambil oleh ayah saya, Ubay bin Ka'ab. Lalu batang itu disimpan di dalam rumah hingga lapuk dan dimakan oleh rayap dan hancur."

Hancurnya 360 Patung Berhala Hanya dengan Isyarat Tongkat Nabi Muhamad Saw
Abdullah bin Abbas r.a. berkisah, “Ketika Rasulullah Saw. memasuki kota Makkah –saat peristiwa penaklukan Makkah– di sisi Ka’bah terdapat 300 patung berhala. Lalu beliau mengambil tongkatnya dan digerakkan ke arah semua berhala-brhala itu sehingga berhala-berhala itu hancur berkeping-keping.”[2]
Abdullah bin Umar r.a. juga bercerita, “Tatkala Rasulullah memasuki kota Makkah, di sana terdapat 360 patung berhala. Beliau kemudian menunjuk dengan tongkatnya ke setiap patung itu seraya bersabda:
  
Dan Katakanlah, ‘Yang benar Telah datang dan yang batil Telah lenyap.’ Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap.” (QS Al-Isrâ [17]: 81).
Dengan demikian, Rasulullah tidak memberikan isyarat dengan tongkatnya ke patung berhala-berhala itu kecuali kehancuran menimpa mereka.[3]

Menghancurkan Batu dengan Sekali Pukulan
Para sahabat Rasulullah Saw bercerita mengenai peristiwa perang Khandaq yang menakjubkan. “Saat itu, kami semua sedang menggali parit, tetapi di tengah-tengah penggalian tersebut kami terhalang oleh gumpalan tanah yang sangat keras. Kemudian para sahabat mendatangi Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, tanah keras ini menghalang-halangi kami untuk melanjutkan penggalian parit.’ Beliau berkata, ‘Aku akan turun.’ Selanjutnya beliau berdiri, sedang perut beliau diikat dengan sebuah batu lantaran menahan rasa lapar. Saat itu, selama tiga hari itu kami memang tidak merasakan rasa makanan apapun. Rasulullah lalu mengambil cangkul, terus memukulkannya ke gundukan tanah yang sangat keras itu. Dan hancurlah tanah keras itu bagaikan tumpukan pasir yang hancur-lebur.” [4]


[1]Hadits Shahih, HR Bukhari
[2]Hadits Hasan, HR Baihaqi dalam kitabnya Dalâil al-Nubuwah (5/72), HR Al-Bazar, HR Al-Haitsami dalam kitabnya Majma’ Zawâid (6/176), HR  Al-Thabrani.
[3]HR Baihaqi (5/72), HR Al-Haitsami (6/176), HR At-Thabrani dalam kitabnya Al-Ausath dan Al-Kabir.
[4]HR Bukhari dan Ibnu Ishak.

No comments:

Post a Comment