Di antara mukjizat Nabi Muhamad Saw yang berkaitan dengan benda mati adalah berupa tangisan sebatang pohon kurma yang merindukan beliau.
Jabir r.a.
meriwayatkan, “Ketika hari Jum’at tiba, Rasulullah selalu berdiri (berkhutbah)
di samping sebuah pohon kurma. Lalu ada
seorang dari golongan Anshar berkata, ‘Wahai Rasulullah, maukah kami buatkan
mimbar untukmu?’ Beliau menjawab, ‘Silakan, jika kalian berkehendak.’ Setelah
itu, para shahabat membuatkan sebuah mimbar untuk beliau. Tatkala tiba hari Jum’at
berikutnya, beliau diminta berdiri di mimbar, tiba-tiba pohon kurma yang berada
di samping beliau menjerit laiknya bayi yang sedang menangis. Kemudian beliau turun
dari mimbar dan memeluknya. Lantas pohon kurma itu merintih seperti rintihan
bayi yang ditenangkan. Beliau berkata, ‘Pohon ini menangis karena mendengar
nasihat yang biasa aku sampaikan di sampingnya’.”[1]
Hadits
ini juga diriwayatkan oleh Thufail bin Ubay bin Ka'ab dari ayahnya, Ubay bin Ka’ab.
“Bahwa Rasulullah melaksanakan shalat menghadap pada sebuah batang pohon kurma
ketika masjid telah mempunyai atap. Dan beliau biasa berkhutbah di sisi batang
kurma tersebut. Sebab itu, seorang sahabatnya berkata, ‘Wahai Rasulullah,
apakah perlu dibuatkan suatu tempat untuk engkau berdiri saat khutbah hari
Jum'at, sehingga orang-orang dapat melihatmu dan mendengarkan khutbahmu?’ Rasulullah
menjawab, Ya.’ Lalu dibuatkanlah dengan
tiga tangga menuju mimbar. Setelah selesai dibuat lantas diletakkanlah mimbar
itu di tempat yang disetujui oleh Rasulullah.
Kemudian
beliau pun berkeinginan untuk naik ke atasnya. Namun ketika beliau hendak naik
mimbar dan melewati batang pohon kurma itu, dia (batang kurma) menangis
sehingga terbelah dan pecah. Ketika Rasulullah mendengar suara jeritan batang
kurma itu beliau turun dari mimbar dan mengusapnya dengan tangan lalu kembali
lagi ke atas mimbar. Dan jika shalat beliau selalu condong ke arah batang kurma
tersebut. Ketika masjid dihancurkan dan direnovasi, batang kurma itu diambil
oleh ayah saya, Ubay bin Ka'ab. Lalu batang itu disimpan di dalam rumah hingga
lapuk dan dimakan oleh rayap dan hancur."
Hancurnya 360 Patung Berhala Hanya dengan Isyarat Tongkat Nabi Muhamad Saw
Abdullah
bin Abbas r.a. berkisah, “Ketika Rasulullah Saw. memasuki kota Makkah –saat peristiwa
penaklukan Makkah– di sisi Ka’bah terdapat 300 patung berhala. Lalu beliau mengambil
tongkatnya dan digerakkan ke arah semua berhala-brhala itu sehingga berhala-berhala
itu hancur berkeping-keping.”[2]
Abdullah bin Umar r.a. juga bercerita, “Tatkala Rasulullah memasuki
kota Makkah, di sana terdapat 360 patung berhala. Beliau kemudian menunjuk dengan tongkatnya ke
setiap patung itu seraya bersabda:
“Dan Katakanlah, ‘Yang benar
Telah datang dan yang batil Telah lenyap.’ Sesungguhnya yang batil itu adalah
sesuatu yang pasti lenyap.” (QS Al-Isrâ [17]:
81).
Dengan demikian, Rasulullah tidak memberikan isyarat dengan
tongkatnya ke patung berhala-berhala itu kecuali kehancuran menimpa mereka.[3]
Menghancurkan Batu dengan Sekali Pukulan
Para sahabat Rasulullah Saw bercerita mengenai peristiwa perang
Khandaq yang menakjubkan. “Saat itu, kami semua sedang menggali parit, tetapi di
tengah-tengah penggalian
tersebut kami terhalang oleh gumpalan tanah yang sangat keras. Kemudian para
sahabat mendatangi Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, tanah keras ini
menghalang-halangi kami untuk melanjutkan penggalian parit.’ Beliau berkata, ‘Aku
akan turun.’ Selanjutnya beliau berdiri, sedang perut beliau diikat dengan
sebuah batu lantaran menahan rasa lapar. Saat itu, selama tiga hari itu kami memang
tidak merasakan rasa makanan apapun. Rasulullah lalu mengambil cangkul, terus
memukulkannya ke gundukan tanah yang sangat keras itu. Dan hancurlah tanah
keras itu bagaikan tumpukan pasir yang hancur-lebur.” [4]
[1]Hadits Shahih, HR Bukhari
[2]Hadits Hasan, HR Baihaqi dalam kitabnya Dalâil
al-Nubuwah (5/72), HR Al-Bazar, HR Al-Haitsami dalam kitabnya Majma’
Zawâid (6/176), HR Al-Thabrani.
[3]HR Baihaqi (5/72), HR Al-Haitsami (6/176), HR At-Thabrani
dalam kitabnya Al-Ausath dan Al-Kabir.
[4]HR Bukhari dan Ibnu Ishak.
No comments:
Post a Comment