Sunday, December 29, 2013

Uang Gizi dan Kematian Cair, Ini Mekanisme Penarikannya


Ratusan masyarakat kurang mampu diKabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menerima dana bantuan sosial. Dana bantuan berupa santunan gizi bayi dan santunan kematian itu diambil langsung oleh masyarakat pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Abdya.

Kepala DPKKD Abdya, T Iskandar SE, mengatakan, dana bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu yang bersumber dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Perubahan 2013 tersebut terdiri dari bantuan sosial santunan kematian sebanyak 110 berkas dan bantuan sosial tunjangan gizi bayi sebanyak 400 berkas.

"Kita usahakan penyalurannya selesai dalam minggu ini juga dan kalau bisa dipercepat lagi, sehingga masyarakat tidak bertanya-tanya dan menunggu terlalu lama," ungkap Iskandar.

Disebutkan, informasi penyaluran dana bantuan ini sudah disampaikan terlebih dahulu kepada setiap camat dalam sembilan kecamatan di Kabupaten Abdya.

"Pengambilannya cukup mudah, masyarakat dapat datang langsung ke DPKKD Abdya hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) asli sebagai syarat pengambilan dana," tambahnya.

Dalam penyaluran ini kami tidak ingin mempersulit masyarakat dalam pengambilan batuan sosial itu, apalagi mereka berasal dari kalangan masyarakat kurang mampu yang seharusnya dibantu dalam segala hal.

"Kita tidak ingin mempersulit masyarakat dalam pengambilan dana ini, terlebih mereka ini sangat perlu dibantu. Hanya dengan menunjukkan KTP asli, dana tersebut dapat langsung diterima dan digunakan sebagaimana perlunya," sebutnya.

Dia menyebutkan, sampai saat ini pencairan dana itu sudah memasuki tahap akhir pembayaran, sebab hampir seluruh masyarakat yang terdata sebagai penerima bantuan sudah mengambilnya.

"Untuk saat ini penyaluran dana hampir tuntas, kita usahakan dalam bulan ini juga dana itu sampai ke tangan yang berhak," tambahnya.

Kepada masyarakat penerima bantuan sosial yang belum mengambil dana tersebut, untuk dapat segera mungkin diambil, mengingat bantuan itu mungkin sangat membantu dan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi bayi.

"Kita berharap kepada masyarakat penerima bantuan untuk segera mengambil uang tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan menurut kebutuhan masing-masing," harapnya. (theglobejournal.com)

No comments:

Post a Comment