Friday, February 21, 2014

Gubernur Sumsel: Tahun 2015 BPJS Harus Berjalan Baik


Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengharapakan BPJS Ketenagakerjaan untuk wilayah Sumbagsel bisa berjalan optimal tahun 2015.

Hal ini disampaikan Plt Sekda Provinsi Sumsel Mukhti Sulaiman yang mewakili Gunernur Sumsel H Alex Noerdin saat menghadiri Custamer Gathering BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel, kemrin  di Grand Ballroom Hotel Aston Palembang.  

Acara yang berlangsung meriah ini dihadiri langsung oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel Akhmad Riyadi, beserta Direktur kepesertaan Juenaidi.  

Selain itu, hadir juga dalam kesempatan ini perwakilan dari perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan seperti PT Bukit Asam Persero, PT Dexa Medika, dan perwakilan perusahaan lainya.  

Dalam Sambutan Gubernur Sumsel yang disampaikam oleh Plt Sekda Provinsi Sumsel Mukhti Sulaiman mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan harus disambut optimis dengan terus meningkatkan kinerjanya, karena hal ini merupakan bagian dari peningkatan kesejahteraan masyarakat.  

Untuk itu, harus dipastikan pada tahun 2015 mendatang keseluruhan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan sudah dapat diterapkan dengan baik Sehingga kelak pegawai swasta akan mendapatkan dana pensiun, jaminan hari tua, dan tunjangan kecelakaan kerja.  

"Selain harus dapat diterapkan dengan baik, diharapkan juga ada peningkatan pelayanan yang mantap," katanya.  

Lebih lanjut Mukhti Sulaiman mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan tentu lebih beragam dengan penuh tantangan yang tidak kalah besarnya dengan BPJS Kesehatan.

Untuk itu, Pemprov Sumsel juga ingin berbagi pengalaman dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang menjadikan Provinsi Sumsel sebagai Provinsi pertama di Indonesia yang mampu mencapai Universal Health Coverage yang bahkan telah dilaksanakan sejak 2009 hingga saat ini.  

"Melalui Program pelayanan kesehatan yang disebut Jamsoskes Sumsel Semesta ini, manfaatnya sangat dirasakan masyarakat. Lebih dari dua juta orang per tahun mulai dari Puskesmas dan jaringannya sampai ke rujukan Nasional di Jakarta," katanya.  

Dalam kesempatan ini Mukhti Sulaiman juga menyampaikan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumsel kepada perusahaan yang telah bergabung menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan serta menghimbau juga kepada perusahaan yang belum melaksanakan ini agar segera ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.  

"Program ini merupakan jembatan yang memberikan jamianan menuju hidup sejahtera. Untuk itu, kepada perusahaan yan belum melaksanakan agar segera menjadi peserta," jelasnya.  

Direktur pelayanan BPJS Ketenagakerjaan wilayah Sumbagsel Akhmad Riyadi dalam sambutannya menjelaskan, BPJS terbagi menjadi dua bentuk yakni BPJS Kesehatan yang merupakan tranformasi dari PT ASKES untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan transformasi dari PT Jamsostek untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja.  

BPJS Ketenagakerjaan sendiri sebagai pelaksana empat program jaminan sosial yakni jaminan kecelakaan kerja, Jamianan hari tua, Jamianan Pensiun, dan jamianan kematian.  

Lebih lanjut Akhmad Riyadi mengatakan, Pihaknya telah menguatkan tekat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dengan terus meningkatkan kepelayanan BPJS ketenagakerjaan.

"Pelayanan yang terbaik adalah Prioritas utama dari BPJS Ketenagakerjaan," Ujarnya.[www.suarapembaruan.com]

No comments:

Post a Comment