Thursday, February 20, 2014

JKN Fasilitasi Rakyat Penuhi Kebutuhan Dasar Kesehatan


Tahan M Panggabean MM
Medan. Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumut Tahan M Panggabean MM mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurutnya, JKN merupakan program yang memberikan kepastian jaminan kesehatan menyeluruh bagi setiap rakyat Indonesia agar dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera.

"Melalui program ini, masyarakat yang menjadi peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan," kata Tahan dalam siaran persnya yang diterima MedanBisnis, Selasa (18/2/2014).

Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumut ini, kesehatan adalah hak setiap individu. "Sehubungan dengan ini, maka yang diinginkan dengan adanya JKN ini adalah agar seluruh masyarakat mendapat hak atas kesehatannya.

Dengan hadirnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sebagai pengelola JKN, menjadi momen sangat penting bagi dunia pelayanan kesehatan di Indonesia dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara lebih terarah dan menyeluruh.

Tahan berharap BPJS terus melakukan sosialisasi program JKN ini, sehingga masyarakat luas dapat mengetahuinya, sehingga tidak ada lagi warga yang tidak terkover asuransi kesehatannya.

"Sebagaimana pernah saya sampaikan, bahwa perlu memperhatikan bagaimana pemahaman masyarakat soal program ini. Jadi agar tetap dilakukan indentifikasi persoalan, termasuk apakah masyarakat sudah memahami sistem pelayanan kesehatan berjenjang dalam sistim kesehatan sosial," katanya.

Meski demikian, papar Tahan, masyarakat juga diharapkan aktif mengikuti perkembangan program JKN ini, serta program ini benar-benar tercapai tanpa masalah di lapangan.

"Ini program prorakyat yang harus didukung rakyat, sehingga jangan sampai terdengar ada lagi rakyat kurang mampu tidak bisa berobat karena alasan biaya. Bayangkan betapa bagusnya kalau masyarakat tidak lagi mengkhawatirkan masalah kesehatan karena sudah ada jaminan untuk itu. Tentu semua kegiatan akan makin lancar, karena masyarakat bisa lebih fokus bekerja," paparnya.
(www.medanbisnisdaily.com)

No comments:

Post a Comment