Menentukan prioritas intervensi kebijakan
dilakukan dengan menganalisis determinan kemiskinan (masalah pokok kemiskinan)
dalam bidang-bidang yang berhubungan dengan kondisi umum kemiskinan. Determinan
kemiskinan secara umum terkait dengan ketidakmerataan akses terhadap
pendidikan, kesehatan, dan pelayanan dasar yang lain. Selain itu determinan
kemiskinan juga terkait dengan tidak terpenuhinya akses terhadap infrastruktur
dasar dan akses terhadap asset produktif, dan rendahnya tingkat investasi
swasta dan kewirausahaan.
4.1 BIDANG PENDIDIKAN
Tabel 4.1
Capaian Indikator Utama Pendidikan Tahun 2011
INDIKATOR
|
CAPAIAN
DAERAH
(2011)
|
CAPAIAN
PROVINSI
(2011)
|
CAPAIAN
NASIONAL (2011)
|
Angka Partisipasi Kasar (APK) SD/MI
(%)
|
105,22
|
104,08
|
102,58
|
Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs
(%)
|
95,57
|
87,49
|
89,58
|
Angka Partisipasi Kasar (APK) SMA/MA
(%)
|
73,19
|
69,18
|
64,66
|
Angka Partisipasi Murni (APM) SD/MI
(%)
|
93,02
|
93,47
|
91,03
|
Angka Partisipasi Murni (APM)
SMP/MTs (%)
|
72,19
|
67,11
|
68,12
|
Angka Partisipasi Murni (APM) SMA/MA
(%)
|
59,31
|
54,06
|
47,97
|
Angka Putus Sekolah Penduduk Usia
7-12 Tahun
|
0,51
|
0,93
|
0,89
|
Angka Putus Sekolah Penduduk Usia
13-15 Tahun
|
8,19
|
9,85
|
11,37
|
Angka Putus Sekolah Penduduk Usia
16-18 Tahun
|
27,34
|
31,35
|
41,21
|
Angka Buta Huruf Penduduk Usia 15+
|
6,47
|
3,79
|
7,19
|
Pencapaian program bidang pendidikan di Kabupaten
Padang Pariaman, terlihat dari pencapaian APK SD yang melebihi angka 100, yang
berarti bahwa seluruh anak usia 7-12 tahun di Padang Pariaman sudah bersekolah
di tingkat SD/MI. APK SMP/MTS dan SMA/MA masih belum memenuhi standar yang
diharapkan mengingat target pada RPJMN yang menetapkan APK harus lebih tinggi
atau sama dengan 100.
Dari data-data di atas terlihat bahwa untuk
bidang pendidikan perlu dilakukan inovasi program terhadap pendidikan tingkat
SMP/MTS dan SMA/MA mengingat pencapaian terhadap target yang masih dibawah
standar yang telah ditetapkan. Intervensi program dan kegiatan terhadap tingkat
pendidikan ini perlu menjadi prioritas daerah dalam pembangunan bidang
pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang akan berdampak
terhadap penurunan tingkat kemiskinan nantinya.
Dari tabel tersebut diatas dapat kita lihat
bahwa APK SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Padang
pariaman lebih tinggi dibandingkan Propinsi dan Nasional, APM SD/MI Padang
Pariaman berada dibawah rata-rata propinsi dan diatas nasional, untuk APM
SMP/MTs dan SMA/MA lebih tinggi, sedangkan untuk buta huruf masih banyak di
Padang Pariaman.
Tabel 4.2
Capaian Indikator
Pendukung Pendidikan Tahun 2011
No.
|
Indikator
|
Padang
Pariaman
|
Sumatera
Barat
|
Nasional
|
|
Rasio Siswa/Kelas
|
|
|
|
1
|
Rasio Siswa/Kelas
SD/MI (Siswa)
|
22,28
|
22,16
|
26,96
|
2
|
Rasio Siswa/Kelas
SMP/MTs (Siswa)
|
37,72
|
33,94
|
34,55
|
3
|
Rasio Siswa/Kelas
SMA/MA (Siswa)
|
40,10
|
35,41
|
33,60
|
4
|
Rasio Siswa/Kelas
SMK (Siswa)
|
41,00
|
38,85
|
38,83
|
|
Rasio Guru/Kelas
|
|
|
|
5
|
Rasio Guru/Kelas
SD/MI (Guru)
|
1,48
|
1,41
|
1,30
|
6
|
Rasio Guru/Kelas
SMP/MTs (Guru)
|
3,08
|
2,85
|
2,51
|
7
|
Rasio Guru/Kelas
SMA/MA (Guru)
|
3,31
|
2,90
|
2,86
|
|
Rasio Siswa/Guru
|
|
|
|
8
|
Rasio Siswa/Guru
SD/MI (Siswa)
|
15,02
|
18,49
|
23,97
|
9
|
Rasio Siswa/Guru
SMP/MTs (Siswa)
|
12,25
|
12,33
|
14,75
|
10
|
Rasio Siswa/Guru
SMA/MA (Siswa)
|
12,13
|
12,72
|
12,21
|
11
|
Rasio Siswa/Guru
SMK (Siswa)
|
11,44
|
9,58
|
11,48
|
4.2 BIDANG KESEHATAN
Salah satu indicator keberhasilan pembangunan
kesehatan adalah perilaku hidup sehat. Dilihat dari indicator aspek pelayanan
kesehatan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman telah berupaya menyediakan
fasilitas kesehatan yang dari tahun ke tahun semakin dapat menjangkau
pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat Padang Pariaman. Kondisi kinerja
pembangunan bidang kesehatan selama 5 tahun (2008-2012) dapat dilihat dari
ratio puskesmas per 1000 penduduk dari tahun 2008-2012 yang sedikit mengalami
penurunan dari 0,064 tahun 2008 menjadi
0.060 pada tahun 2012, ratio puskesmas pembantu per 1000 penduduk dari tahun
2008-2012 menunjukkan peningkatan dari 0,167
tahun 2008 menjadi 0,171 pada tahun 2012. RS dari 1 unit pada tahun 2008
(BP4 Paru) menjadi 2 unit pada tahun 2012 (BP4 dan RSUD). Pada tahun 2012,
ratio dokter persatuan penduduk meningkat dari tahun 2008 sebesar 0,159 menjadi
0,140 pada tahun 2012, ratio tenaga medis per 1000 satuan penduduk mengalami
penurunan dari 1,438 tahun 2008 menjadi 0,191 pada tahun 2012, cakupan balita
gizi buruk yang mendapat perawatan telah mencapai 100%, cakupan puskesmas dari tahun 2008-2012 menurun
sebesar 147,06% menjadi 141.18%, incident rate DBD per 100.000 penduduk yang
beresiko meningkat dari tahun 2008 sebesar 7,17 menjadi 16,50 pada tahun 2012.
Permasalahan pelayanan kesehatan yang perlu mendapat perhatian adalah
terjadinya peningkatan jumlah kasus kasus penyakit yang muncul yang perlu
diantisipasi seperti DBD, HIV-AIDS,dll, peningkatan cakupan pelayanan puskesmas
pembantu, polindes/poskesri, pemerataan penyebaran tenaga kesehatan serta
perbaikan/rehabilitasi sarana pelayanan kesehatan yang rusak. Perkembangan pelayanan umum bidang kesehatan
selama 5 tahun terakhir secara lebih rinci tergambar pada Tabel berikut.
Tabel 4.3
Capaian Indikator Kesehatan Tahun 2008-2012
No
|
Indikator
|
Tahun
|
||||
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
||
1
|
Rasio Posyandu
per satuan balita x 1000
|
18
|
14
|
14
|
15
|
15
|
2
|
Rasio Puskesmas
persatuan penduduk x 1000
|
0.064
|
0.062
|
0.062
|
0.06
|
0.06
|
3
|
Rasio pustu per
satuan penduduk x 1000
|
0.167
|
0.167
|
0.170
|
0.170
|
0.170
|
4
|
Rasio
polindes/poskesri per satuan penduduk x 1000
|
0.254
|
0.384
|
0.149
|
0.10
|
0.10
|
5
|
Rasio RS per
satuan penduduk x 1000
|
1 BP4 Paru
|
1 BP4 Paru, 1
RSUD
|
1 BP4 Paru, 1
RSUD
|
1 BP4 Paru, 1
RSUD
|
1 BP4 Paru, 1
RSUD
|
6
|
Rasio dokter per
satuan penduduk x 1000
|
0.159
|
0.190
|
0.144
|
0.137
|
0.140
|
7
|
Rasio tenaga
medis per satuan penduduk x 1000
|
1.438
|
1.622
|
1.717
|
0,185
|
0,191
|
8
|
Cakupan
komplikasi kebidanan yang ditangani
|
66.08
|
66.86
|
70.2
|
75.00
|
76.00
|
9
|
Cakupan pertolongan
persalinan oleh tanaga kesehatan
|
82.90
|
79.09
|
86.00
|
88.00
|
88.50
|
10
|
Cakupan
desa/Korong UCI
|
65
|
69
|
85
|
87
|
89
|
11
|
Cakupan balita
gizi buruk mendapat perawatan
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
12
|
Penemuan dan
penanganan penderita penyakit TBC BTA
|
82
|
67
|
75
|
77
|
79
|
13
|
Penemuan dan
penanganan penderita penyakit DBD
|
100
|
90
|
100
|
97
|
98
|
14
|
Cakupan jaminan
pemeliharaan kesehatan masyarakat miskin melalui pengembangan Jamkesmas/
Jamkesda
|
100
|
100
|
100
|
71
|
73
|
15
|
Cakupan
pelayanan kesehatan rujukan pasien masyarakat miskin
|
45.41
|
49.98
|
41.25
|
50
|
55
|
16
|
Cakupan
kunjungan bayi
|
99.60
|
80.00
|
85.10
|
86.00
|
87.00
|
17
|
Cakupan
puskesmas (%)
|
147.06
|
141.18
|
141.18
|
141.18
|
141.18
|
18
|
Cakupan pembantu
puskesmas (%)
|
44.93
|
58.90
|
34.25
|
32.80
|
32.80
|
19
|
Incident Rate
DBD/100.000 penduduk
|
7.17
|
2.82
|
6.92
|
17.00
|
16.50
|
20
|
Penemuan kasus
TB BTA pos (CDR)
|
81.00
|
68.00
|
72.00
|
80.32
|
81.00
|
21
|
Kesembuhan
penderita TB BTA pos (cure rate)
|
86.40
|
82.00
|
86.50
|
85.00
|
85.00
|
4.3 BIDANG INFRASTRUKTUR
DASAR
Tabel 4.4
Capaian Indikator Utama Infrastruktur Dasar Tahun 2011
INDIKATOR
|
CAPAIAN
DAERAH
(2011)
|
CAPAIAN
PROVINSI
(2011)
|
CAPAIAN
NASIONAL (2011)
|
Proporsi Rumah Tangga dengan Air
Minum Layak (%)
|
28,85 %
|
37,05 %
|
42,76 %
|
Proporsi Rumah Tangga dengan
Sanitasi Layak (%)
|
25,60 %
|
44,67 %
|
55,60 %
|
Proporsi Rumah Tangga dengan Akses
Listrik (%)
|
90,08 %
|
91,40 %
|
94,83 %
|
Proporsi Desa dengan Akses Jalan R4
Sepanjang Tahun (%)
|
98,33 %
|
95,30 %
|
87,21 %
|
Proporsi Desa dengan Jaringan
Listrik (%)
|
-
|
99,22 %
|
96,25 %
|
Aksesibilitas Pasar Tradisional (km)
|
3,24 %
|
9,25 %
|
14,39 %
|
Dari Indikator Utama Infrastuktur Dasar
seperti Proporsi Rumah Tangga dengan Air Minum Layak, Proporsi Rumah Tangga
dengan Sanitasi Layak, Proporsi Rumah Tangga dengan Akses Listrik,
Aksesibilitas Pasar Tradisional, untuk keempat capaian indikator kinerja tersebut
Padang Pariaman masih jauh dibandingkan dengan Propinsi maupun Nasional,
indikator capaian kinerja yang tinggi capaiannya dari propinsi adalah Proporsi
Desa dengan Akses Jalan R4 Sepanjang Tahun.
Tabel 4.5
Capaian Indikator Infrastruktur Dasar Tahun 2008-2012
No
|
Indikator
|
Tahun
|
||||
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
||
1.
|
Proporsi panjang
jaringan jalan dalam kondisi baik (%)
|
30,17
|
31,33
|
32,87
|
33,98
|
29,94
|
2.
|
Rasio jaringan
irigasi (%)
|
63,58
|
64,34
|
65
|
66,2
|
67,00
|
3.
|
Persentase rumah
tinggal bersanitasi (%)
|
11,74
|
13,40
|
15,40
|
27.5
|
35,37
|
4.
|
Rasio TPU per
satuan penduduk per 1000 penduduk
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
Rasio pembuangan
sampah (TPS) per satuan penduduk
|
0,14%
|
0,14%
|
0,23%
|
0,23%
|
0,23%
|
6.
|
Rasio rumah
layak huni (%)
|
45
|
50
|
55
|
70
|
75
|
7.
|
Rasio permukiman
layak huni (%)
|
28
|
30
|
35
|
35
|
35
|
8.
|
Panjang jalan
dilalui roda 4 (km)
|
578,34
|
596,54
|
616,25
|
-
|
-
|
9.
|
Panjang jalan
dalam kondisi baik (>40 km/jam) (km)
|
387,65
|
407,38
|
427,85
|
687,00
|
605,33
|
10.
|
Drainase dalam kondisi baik/ pembuangan aliran air
tidak tersumbat (m)
|
1.081
|
1.160
|
1.285
|
1.285
|
1.285
|
11.
|
Pembangunan
turap di wilayah jalan penghubung dan aliran sungai rawan longsor lingkup
kewenangan kabupaten
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
12.
|
Luas irigasi Kabupaten dalam kondisi baik (Ha)
|
16.152
|
16.345,6
|
16.510,62 Ha
|
16.708,74
|
16.842,42
|
4.4 BIDANG
KETENAGAKERJAAN DAN KEWIRAUSAHAAN
Sistem informasi dan penyaluran tenaga kerja
belum berjalan sebagaimana yang direncanakan. Sampai saat ini sistem informasi
belum dapat memberi informasi menurut keahlian, pendidikan dan umur secara baik
yang dapat diakses oleh berbagai perusahaan. Perkembangan pembangunan pada
pelayanan urusan ketenagakerjaan selama periode 2008-2012 pada masing-masing indikator sebagaimana tabel berikut :
Tabel 4.5
Capaian Indikator Ketenagakerjaan Tahun 2008-2012
No
|
Indikator
|
Tahun
|
||||
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
||
1.
|
Angka
partisipasi angkatan kerja
|
1916
|
2254
|
2292
|
1060
|
7529
|
2.
|
Tingkat partisipasi angkatan kerja
|
1766
|
2079
|
2147
|
?
|
?
|
3.
|
Pencari kerja yang ditempatkan
|
150
|
175
|
145
|
208.408
|
439.089
|
4.
|
Tingkat pengangguran terbuka
|
|
|
6,43
%
|
6,43
%
|
|
5.
|
Keselamatan dan perlindungan
|
712
|
753
|
796
|
998
|
2929
|
|
|
|
|
|
|
|
4.5 BIDANG KETAHANAN
PANGAN
Kontribusi sektor pertanian baik
pertanian/perkebunan, palawija, tanaman keras dan produksi kelompok tani
terhadap PDRB pada tahun 2011 adalah sebesar 23,38%. Kontribusi sektor
pertanian ini sedikit menurun dari tahun 2010 sebesar 23,87%. Sektor pertanian merupakan penyumbang kedua terbesar
setelah Sektor Pengangkutan dan Komunikasi terhadap PDRB Kabupaten Padang Pariaman.
Hal ini memang sangat disadari bahwa sektor pertanian memang merupakan sektor
unggulan. Untuk itulah upaya untuk terus mempertahankan budi daya pertanian
dilakukan dengan meningkatkan cakupan pembinaan kelompok tani. Cakupan bina
kelompok tani yaitu kelompok tani yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.
Jumlah kelompok tani yang mendapatkan bantuan dari tahun 2007 sebanyak 20,6%
meningkat menjadi 82,97% pada tahun 2011.
Diharapkan program bina kelompok petani akan terus ditingkatkan dalam
upaya untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kontribusinya terhadap PDRB.
Lebih rinci perkembangan indikator kinerja pembangunan pada pelayanan urusan
pertanian selama periode 2008-2012 dapat dilihat pada Tabel 4.6 berikut:
Tabel 4.6
Capaian Indikator Bidang Pertanian Tahun 2008-2012
No
|
Indikator
|
Tahun
|
||||
2008
|
2009
|
2010
|
2011
|
2012
|
||
1.
|
Produktivitas padi atau bahan pangan utama lokal lainnya per hektar
(ton/Ha)
|
5,15
|
5,37
|
4,85
|
5,07
|
5,20
|
2.
|
Kontribusi
sektor pertanian/perkebunan terhadap
PDRB
|
10,03
|
9,86
|
18,82
|
24,13
|
23,38
|
3.
|
Cakupan bina
kelompok petani
|
39,79%
|
76,99%
|
82,97%
|
82,97%
|
82,97%
|
No comments:
Post a Comment