Thursday, June 19, 2014

160 Keluarga Miskin Terima Bantuan Sosial Rp 107 Juta

Sebanyak 160 keluarga miskin dari 28 desa se-Kecamatan Bener menerima bantuan sosial senilai Rp 107.900.000. Dana tersebut bersumber dari dana surplus PNPM-MD yang diberikan dalam bentuk barang. Bantuan tersebut guna mendorong proses pengentasan kemiskinan di wilayah tersebut.Ketua UPK PNPM-MD Kecamatan Bener, Wisnu Hidayat mengatakan, bantuan yang berikan meliputi hewan ternak kambing sebanyak 44 ekor, ayam kampung dan itik atau bebek.
Pihaknya juga memberikan bantuan berupa peralatan pertukangan, perbengkelan dan pertanian untuk meningkatkan produktivitas usaha. "Untuk sektor pendidikan, juga disediakan peralatn sekolah," ungkapnya, Rabu (18/6).
Dia menjelaskan, bantuan tersebut merupakan surplus pada 2013 sebesar Rp 104.500.000. Jumlah tersebut ditambah dengan sisa surplus pada 2012 yang belum direalisasi senilai Rp 3.400.000. "Untuk total aset dana PNPM-MD Kecamatan Bener sebesar Rp 4,1 miliar," jelasnya.
Dikemukakan, bantuan sosial tersebut diberikan ke setiap desa dengan jumlah yang beragam, sesuai dengan dana perguliran yang ada di masing-masing desa.
Jika jumlah dana perguliran di desa banyak, maka jumlah bantuan yang diberikan juga akan banyak. "Kami menerapkan sistem kuota berdasarkan prosentase dana bergulir," jelasnya.
Bantuan tersebut diserahkan di Kecamatan Bener yang dihadiri seluruh kepala desa se-Kecamatan Bener, jajaran Muspika Bener dan TK-PNPM MD Kabupaten Purworejo Ujiyanto.
Bantuan yang telah diberikan bisa langsung dibawa pulang warga. Sementara untuk bantuan yang memiliki bobot berat, seperti kambing, akan diantar ke desa masing-masing.
TK-PNPM MD Kabupaten Purworejo, Ujiyanto mengatakan, bantuan tersebut untuk mendorong perekonomian masyarakat kecil. Pihaknya berharap bantuan itu bisa dikelola oleh penerima secara baik dan benar, sehingga berdampak positif memberikan kesejahteraan ekonomi bagi keluarga. "Bantuan ini sifatnya hanya stimulan untuk mendorong semangat pelaku usaha," katanya. (www.suaramerdeka.com)

No comments:

Post a Comment