“Pada
dasarnya, musibah itu tidak hanya sekedar takdir. Musibah itu pada dasarnya
dapat kita kelola dan kita minimalisir dengan baik,” ujar Bimo Kustoro, Sharia
Division Head Adira Insurance.
Kutipan
tersebut harus disadari oleh seluruh manusia dimana perlindungan berupa
asuransi sangat dibutuhkan, terutama saat terjadi risiko-risiko yang tidak
terduga. Pilihan asuransi pun beragam, mulai dari asuransi umum sampai dengan
asuransi jiwa, baik konvensional maupun syariah.
“Pada
dasarnya, konvensional maupun syariah dapat memberikan manfaat secara
menyeluruh dan tetap disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Namun, untuk
asuransi syariah, terutama untuk Adira Insurance Syariah, masyarakat dapat
memperoleh manfaat lebih melalui sistem bagi hasil pada produk-produk
tertentu,” ujar Indra Baruna, Direktur Utama Adira Insurance.
Dari
seluruh lini produk asuransi, keunggulan utama Adira Insurance Syariah terletak
pada bagi hasil kepada Pelanggan yang tidak melakukan klaim di akhir masa
asuransi. Sedangkan, untuk lini produk asuransi personal syariahnya seperti
asuransi kendaraan yang difasilitasi oleh produk Autocillin Ikhlas dengan
memberikan keleluasaan bagi Pelanggan untuk membayar premi seikhlasnya.
Bimo
mengatakan bahwa agar masyarakat mengetahui manfaat dan tertarik untuk memiliki
produk asuransi syariah dari Adira Insurance, diperlukan edukasi yang
menyeluruh kepada seluruh masyarakat. Caranya adalah yang pertama, dengan
melakukan pemetaan masyarakat berdasarkan jenisnya. “Secara umum, kami
klasifikasikan ke dalam dua kelompok," ucap Bimo.
Kelompok
pertama yaitu Sharia Community adalah kelompok yang sudah masuk dalam komunitas
syariah baik melalui institusi keuangan syariah, seperti perbankan dan multifinance
syariah, maupun komunitas sosial keagamaan, seperti lembaga amil. Edukasi yang
dilakukan kepada segmen ini biasanya dilakukan berupa joint promo dengan
lembaga keuangan syariah, baik dalam kegiatan seminar syariah, pameran, dan
berbagai lembaga lainnya. Selain itu edukasi juga dilakukan melalui joint event
dengan lembaga Amil Zakat seperti Rumah zakat dan Dompet Dhuafa.
Kelompok
kedua yaitu Floating Market adalah kelompok yang belum masuk ke dalam komunitas
syariah. Edukasi yang dilakukan antara lain kerjasama program dengan komunitas
non keagamaan seperti sekolah, kampus berupa kesempatan penelitian skripsi bagi
para mahasiswa yang tertarik membahas asuransi syariah, dan media massa dengan
mengadakan workshop journalist berupa sosialiasasi konsep dan produk syariah
seperti kerjasama dengan Danamon Syariah dan GRES –Gerakan Ekonomi Syariah.
Selain
melalui edukasi, Adira Insurance syariah juga selalu meningkatkan kualitas
produknya agar masyarakat tertarik untuk memiliki produk asuransi syariah. “Pada
umumnya, seluruh produk asuransi konvensional di Adira Insurance juga dimiliki
oleh Adira Insurance Syariah. Namun, terdapat beberapa spesifikasi poduk
unggulan yang dimiliki oleh Adira Insurance seperti Autocillin Ikhlas, asuransi
Personal Accident dalam Infaq Card, Asuransi Personal Accident + PHk (Aqila),
Asuransi Amanah Micro, dan beberapa produk lainnya,” ujar Bimo Kustoro.
Seperti
yang telah disebutkan sebelumnya, keunggulan produk Adira Insurance syariah
salah satunya yaitu berasal dari produk
Autocilin ikhlas, sebuah produk asuransi mobil yang memberikan keleluasaan bagi
nasabah untuk membayar premi seikhlasnya.
Selain itu,
Adira Insurance Syariah juga memiliki produk Aqila, sebuah produk perlindungan
asuransi kecelakaan diri dan PHK yang memberikan perlindungan bagi debitur bank
syariah yang tidak dapat meneruskan pembayaran cicilannya karena mengalami
kecelakaan atau mengalami pemutusan hubungan kerja.
Contoh
produk lainnya yaitu I Card, sebuah produk yang bekerja sama dengan Rumah Zakat
yang memberikan santunan berupa 100 tahun nilai infaq kepada donatur yang
melakukan infaq dan santunan tersebut diberikan jika donatur meninggal dunia
akibat kecelakaan.
“Kami
selalu melakukan review produk yang secara intensif dilakukan guna memenuhi
kebutuhan para Pelanggan,” ujar Bimo Kustoro.
Agar
manfaat dari produk-produk asuransi syariah dapat dirasakan oleh seluruh
masyarakat, Adira Insurance Syariah juga memperluas berbagai jaringan
distribusi seperti jalur perbankan maupun multifinance yang akan dipercepat
melalui proses kerjasama dengan rekanan asuransi sehingga Pelanggan dapat
menikmati layanan asuransi syariah dari Adira Insurance secara cepat dan
menyeluruh. Saat ini, telah terjalin kerja sama dengan beberapa bank syariah
dan multifinance syariah yang bekerjasama dengan Adira Insurance Syariah.
“Selain
melalui peningkatan kualitas produk, kami juga selalu berkecimpung di berbagai
kegiatan sosial seperti pemberian sumbangan mobil ambulance gratis melalui
Rumah Zakat dan berbagai kegiatan lainnya,” ujar Bimo Kustoro.
Sejak
Januari-Oktober 2013, jumlah premi bruto yang diperoleh Adira Insurance Syariah
adalah sekitar lebih dari Rp 95 miliar dimana kontribusi premi bruto terbesar
berasal dari asuransi kendaraan bermotor roda dua yang mendominasi hampir 48%
dari total perolehan premi bruto Adira Insurance Syariah dan diikuti oleh premi
bruto dari asuransi kendaraan bermotor roda empat yaitu 37% dari total
perolehan premi bruto Adira Insurance Syariah.
Sampai
dengan saat ini, manfaat yang diberikan oleh Adira Insurance Syariah selalu
ditingkatkan kualitasnya agar dapat terus dirasakan oleh masyrakat. Manfaat
tersebut dikelola melalui peningkatkan kualitas produk, pelayanan, maupun
kondisi finansialnya. Upaya tersebut ternyata diberikan apresiasi oleh berbagai
pihak eksternal, salah satunya yaitu penghargaan yang baru-baru ini diperoleh
dari Majalah Infobank yang diberikan pada awal November 2013 dengan predikat
“Sangat Bagus” kategori Asuransi Umum Syariah dalam penghargaan “Infobank The
Best Sharia Finance Awards 2013” di Hotel Shngari-La Jakarta. (www.gatra.com)
No comments:
Post a Comment