Sunday, November 24, 2013

Pemkab Kembangkan Perumahan PNS



·         Tingkatkan Kesejahteraan, Siapkan Lahan di Beberapa Kecamatan

Peningkatan kesejahteraan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi prioritas Pemkab Berau dalam upaya mendukung peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu program yang dilakukan dalam kesejahteraan tersebut adalah memberikan kemudahan bagi abdi negara ini untuk mendapatkan perumahan. Mewujudkan program tersebut, pemkab mulai melakukan penjajakan kerja sama dengan Perum Perumnas yang merupakan pengembang perumahan dan permukiman yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Secara khusus, manajemen Perum Perumnas, Senin (18/11) kemarin, mempresentasikan pengembangan perumahan yang telah dilaksanakan termasuk rencana kerja sama dengan Pemkab Berau. Presentasi yang digelar di Ruang Rapat Kakaban Setkab Berau, dibuka Sekretaris Kabupaten yang juga ketua Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Jonie Marhansyah.

Dalam arahannya, Jonie Marhansyah menegaskan kebutuhan akan perumahan bagi PNS di Bumi Batiwakkal saat ini masih cukup besar. Meskipun telah membangun perumahan yang dilaksanakan beberapa tahun lalu dan sudah dihuni PNS. Masih banyak PNS yang belum memiliki rumah sendiri.

Untuk itu Pemkab Berau telah menyediakan lahan perumahan bagi PNS yang tersebar di beberapa kecamatan. Untuk di Tanjung Redeb telah ada lahan kurang lebih 5 hektare di kawasan Jalan Dr Murjani III, yang 3 hektare di antaranya sudah dimatangkan. Selain itu juga tersedia lahan 7 hektare di Jalan Sultan Agung.

“Untuk kecamatan sudah ada di Tanjung Batu 2 hektare dan di Kecamatan Gunung Tabur juga sudah ada 2 hektare,” jelasnya.

Program pengembangan perumahan bagi PNS ini, ditegaskan Sekkab, menjadi perhatian. Pasalnya tidak hanya bagi PNS golongan rendah yang masih harus menumpang di rumah ataupun mengontrak. Namun masih banyak PNS yang sudah menduduki jabatan, namun belum memiliki rumah sendiri.

“Dengan memberikan kemudahan mendapat rumah, kita berharap menjadi semangat yang berdampak kepada peningkatan kinerja,” tegasnya.

Sementara Deputi General Manager Perum Perumnas Regional V, Qhodic Anwar dalam presentasinya, mengungkapkan Perum Perumnas yang merupakan BUMN telah melakukan kerja sama dengan beberapa kabupaten dan kota dalam upaya penyediaan perumahan bagi PNS. Program kerja sama tersebut menurutnya akan diawali dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemkab bersama Perum Perumnas, termasuk ketersediaan lahan dan diteruskan dengan perjanjian kerja sama.

“Kami telah melakukan kerja sama dengan beberapa daerah dan kami juga siap bekerja sama dengan Pemkab Berau untuk menyediakan perumahan bagi PNS,” tandasnya. (www.kaltimpost.com)

No comments:

Post a Comment