Tuesday, February 18, 2014

Siapa Saja Bisa Dapat Dana Pensiun


JAMINAN masa pensiun bukan hanya milik Pegawai Negeri Sipil (PNS)  atau TNI. Siapapun bisa mendapatkannya. Hal itu diungkapkan Kepala Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Sukabumi, Joko Hartono pada acara Sosialisasi Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) terhadap Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Sukabumi di Gedung BJB Sukabumi, Jalan Jend. A.Yani, belum lama ini. Kegiatan tersebut  dihadiri  Ketua DWP Kota Sukabumi Hj. Esih Muraz.

Dijelaskan, peserta DPLK terbuka untuk individu. Syaratnya, minimal usia 18 tahun atau telah menikah. Sedangkan iuran pertama minimal Rp 25 ribu. Peserta DPLK menetapkan sindiri usia pensiunnya. Minimal 45 hingga 65 tahun. “Dana pensiun akan dibayarkan sekaligus atau berkala sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Joko mengungkapkan, program tersebut telah dibuka sejak tahun 2002 lalu. Namun belum  dikenal masyarakat  luas. Untuk itu,  agar layanan DPLK ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, pihak Bank BJB Sukabumi mengembangkan kembali layanan tersebut.  Salah satunya dengan melakukan sosialisasi.

Sejauh ini, katanya,  prospek layanan DPLK di Sukabumi sangat bagus, bahkan jumlah pesertanya semakin bertambah Dimana dengan layanan ini bisa terlihat bahwa kesadaran masyarakat untuk investasi jangka panjang sudah bagus dan mulai tumbuh. “DPLK menjamin hari tua. Lebih besar iuran yang dibayarkan, lebih besar manfaat yang akan diterima,” ujarnya.

DPLK mendapat respon cukup baik dari DWP Kota Sukabumi. Dari ratusan anggotanya yang hadir pada acara tersebut, setengahnya mendaftar menjadi peserta.

Sangat besar manfaatnya, meski hanya ibu rumah tangga, jika menjadi peserta, kelak akan mendapat tabungan pension, hanya dengan membayar Rp 25 ribu perbulan.”Jadi, bukan hanya  suami aja yang dapat pension, isterinya  juga dapat dana pension,” katanya.               

Selain itu, kata Esih, program tersebut bisa menjadi contah bagi anak-naknya agar gemar menabung.palagi ada program Tabungan Ku khusus untuk anak. “Kalau ingin perabotan rumah tangga, ada tabungan catalog. Jika menjadi peserta,  bisa memenuhi perabotan yang diinginkan,” jelasnya. (sentanaonline.com)

No comments:

Post a Comment